-->

Apakah Cahaya Itu ?

Advertisemen
Pada waktu kecil, pernahkah terlintas pertanyaan tentang cahaya di benak kalian?
Misalnya apakah cahaya itu? Darimana cahaya berasal? Mengapa cahaya hilang pada waktu malam hari dan muncul kembali di pagi harinya? Bagaimana jika tidak ada cahaya sama sekali dari pagi hari hingga pagi kembali? Bagaimana pula jika cahaya terus ada (tidak ada malam) ? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang pertanyaan yang wajar sekali bagi orang yang ingin tau.

Para ilmuwan banyak yang berbeda pandangan mengenai cahaya ini. Ada yang berpendapat cahaya sebagai gelombang. Ada juga yang berpendapat cahaya sebagai partikel.
Alhasil, banyak ilmuwan yang mengajukan hipotesis dualisme sifat cahaya. Yaitu cahaya bisa dikategorikan sebagai gelombang, dan juga cahaya bisa dikategorikan sebagai partikel.
Jadi jika ada yang bertanya Apakah cahaya itu, kita bisa menjawab bahwa cahaya itu suatu partikel, dan juga cahaya itu juga sebagai gelombang. Akan tetapi pada umumnya cahaya dianggap sebagai gelombang saja. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas cahaya sebagai gelombang saja.

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik dan gelombang listrik yang bergabung menjadi satu. Gelombang elektromagnetik dan gelombang listrik ini saling tegak lurus sehingga keduanya akan menjalar bersama-sama.
Karena bersifat sebagai gelombang, cahaya juga mempunyai sifat-sifat sebagai gelombang pula. Sifat-sifat tersebut antara lain dapat dipantulkan (reflection), dapat dibelokkan/dibiaskan (refraction), dapat dipadukan/diuraikan (interferensi/dispertion), dapat dilenturkan (difraction) dan dapat dipolarisasikan.
Selain itu cahaya juga dapat menjalar tanpa membutuhkan suatu medium (dapat merambat di ruang hampa udara). Hal ini disebabkan oleh cahaya merupakan suatu gelombang elektromagnetik.

Layaknya suatu gelombang, cahaya juga mempunyai sumber sendiri. Sumber-sumber cahaya merupakan suatu benda yang dapat memancarkan cahaya sendiri tanpa membutuhkan benda lainnya.
Contoh sumber cahaya di sekitar kita adalah lampu, api, matahari, bintang, cahaya kunang-kunang dan lain sebagainya.

Sekarang, terjawah sudahkan pertanyaan Apakah Cahaya itu?
Untuk Pertanyaan yang lain, ditunggu di post berikutnya ya ..

Jika ada yang ingin menambah, silahkan tambahkan komentar di kolom komentar ?

#sumber: rangkuman dari berbagai sumber.
Advertisemen