-->

Mengapa langit berwarna biru?

Advertisemen
Hal pertama yang perlu diketahui adalah matahari merupakan sumber cahaya yang sangat terang. Matahari jauh lebih terang daripada bulan dan bintang.

Kedua, atmosfer bumi merupakan campuran dari berbagai gas seperti Nitrogen, Oksigen, Karbondioksida, dan lain sebagainya.

Atom-atom hidrogen dan oksigen pada atmosefer berpengaruh pada cahaya matahari yang melewatinya. Ada fenomena fisika yang disebut penyebaran Rayleigh.

Penyebaran Rayleigh menyebabkan sinar menyebar ketika melewati partikel-partikel yang berdiameter 1/10 dari panjang gelombang dari sinar matahari (hampir sama dengan panjang gelombang sinar itu).

Sinar matahari terdiri atas bermacam-macam warna cahaya yang berbeda, mulai dari merah, jingga hingga biru.

Warna merah mempunyai frekuensi terkecil dan panjang gelombang terbesar. Sedangkan warna biru mempunyai frekuensi terbesar dan panjang gelombang terkecil.

Warna-warna yang memiliki panjang gelombang besar akan diteruskan secara lurus (tidak disebarkan), sedangkan warna yang panjang gelombangnya kecil akan disebarkan ke segala arah. Itulah mengapa warna biru menjadi dominan di langit.

Menurut Rayleigh, cahaya yang memiliki panjang gelombang rendah akan memiliki intensitas perpendaran yang lebih besar, begitu juga sebaliknya.

Jadi, warna biru yang kita lihat itu merupakan hasil perpendaran/penyebaran sinar-sinar uraian matahari yang masuk ke atmosfer.

Selain itu, biru nya langit juga disebabkan oleh polarisasi cahaya matahari yang masuk ke bumi. Saat cahaya matahari melewati atmosfer bumi, cahaya yang berfrekuensi rendah akan terpolarisasikan oleh atmosfer.

Untuk bintang-bintang yang hilang di siang hari, terjadi karena terdapat perbedaan intensitas cahaya matahari dan bintang. Intensitas cahaya merupakan tingkat keterangan suatu sinar. Gampangannya dua buah lampu pasti lebih terang dari satu buah lampu. Jadi lampu sebanyak dua buah memiliki intensitas lebih besar daripada sebuah lampu.

Sinar dari bintang mempunyai intensitas yang rendah dibandingkan dengan intensitas sinar matahari. Atau dapat dikatakan "bintang kalah terang dengan matahari". Ibarat menyalakan lampu di siang hari, maka lampu akan tampak tak menyala.



#sumber: Berapakah Berat Bumi?
Advertisemen