-->

Berbagai Sebab Kurang Menariknya Suatu Presentasi

Advertisemen
Apakah Anda termasuk orang yang masih sering tidak lancar (belepotan) ketika melakukan presentasi? Apakah pada waktu presentasi pendengar tidak begitu antusias dengan yang Anda sampaikan? Kali ini kita akan membahas penyebab presentasi kita tidak begitu menarik. Diantara banyak penyebab tidak menarik atau gagalnya presentasi antara lain:

1. Terlalu Perfeksionis

Hal yang wajar Kesalahan pertama adalah Anda menuntut diri anda sendiri untuk menjadi sangat sempurna, terlebih lagi untuk seorang yang masih pemula. Tapi Anda takut akan kenyataan tersebut. AKibatnya, Anda sangat takut akan membuat kesalahan dan itu dapat mempengaruhi psikologis Anda pada saat membawakan materi.

2. Takut, Grogi atau Minder

Hal yang wajar ketika Anda merasa takut, grogi atau minder karena saya juga merasakannya, tapi yang tidak wajar adalah ketika Anda membiarkan perasaan tersebut menguasai sehingga merusak presentasi Anda.Saya rasa semua orang ketika pertama kali tampil didepan umum pasti akan merasa kurang percaya diri. Perasaan ini muncul karena adanya pikiran negatif dari dalam diri kita. Seringkali merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut jika teryata gagal (tidak bisa).Atau bisa jadi karena jumlah peserta (terlalu banyak/ terlalu sedikit), kadang juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi dari pembicara.

3. Kurangnya Persiapan

Persiapan yang kurang membuat penguasaan materi yang tidak maksimal. Hal ini secara otomatis akan memicu rasa khawatir jika materi yang akan disampaikan tidak lancar.
Saya pernah mengalaminya, tiba-tiba diminta secara mendadak untuk presentasi. Bukan situasi yang enak dan banyak pilihan tapi situasi seperti ini bisa membuat presentasi berantakan.
Pernah juga melakukan presentasi gasing, artinya isi presentasinya hanya berputar-putar saja sehingga tambah lama saya jadi tambah bingung dan tidak tahu harus berbicara apa lagi

4. Word Filler

Word filler adalah pengucapan kata yang tidak memiliki arti. Kata-kata ini sering disebut bergumam atau mumbling. Seringkali hal ini kita lakukan tanpa kita sadari, secara reflek keluar begitu saja.Jika durasinya terlalu sering maka akan menimbulkan kesan belepotan saat presentasi.
Bergumam seperti ‘eee,, eemmm’ akan mengganggu kejernihan pesan yang Anda sampaikan dan membuat Anda terlihat tidak siap membawakan presentasi dihadapan audiens.Untuk mengatasinya Anda harus sadar dulu Word filler Anda itu seperti apa, karena masing-masing orang akan berbeda. Jika Anda tidak sadar akan sulit memperbaikinya.

Semoga sukses pada presentasi selanjutnya :D

#sumber: pengalaman pribadi
Advertisemen