-->

Mengapa Ventilasi Udara Dari Kejauhan Tampak Hitam?

Advertisemen

Bagaimana bentuk ventilasi itu? Ada yang kotak, segitiga bahkan ada yang beraneka bentuk. Saat kita sedang berada di luar rumah dan perlahan lahan menjauhi ventilasi itu, maka lama kelamaan ventilasi akan terlihat menghitam. Bagaimana hal itu bisa terjadi?
Hal ini tidak terjadi pada ventilasi jendela saja. Lubang-lubang pada karton ataupun wadah, jika terlihat dari jauh akan terlihat hitam. Warna hitam terjadi karena tidak ada/sedikit sekali cahaya yang sampai ke mata kita. Jika ada cahaya dengan frekuensi tertentu sampai ke mata, maka oleh mata cahaya itu akan diterukan ke otak dan diartikan sebagai warna. 
Misalkan cahaya dengan frekuensi sekitar 491000 GHz (panjang gelombang sekitar 610 nm) Ditangkap oleh mata, maka kita melihat warna merah. Jadi jika kita melihat warna hitam, hal ini berarti tidak ada/sedikit sekali cahaya yang diterima oleh mata.
Jadi saat ventilasi terlihat hitam, berarti tidak ada cahaya yang dipantulkan oleh ventilasi ke mata kita. Cahaya dari luar yang masuk ke ventilasi tidak ada (sedikit) yang dipantulkan kembali. Atau dengan kata lain semua cahaya yang masuk ke ventilasi terserap semua.  Jika kita terlalu jauh dari ventilasi, maka sedikit cahaya terpantul itu tidak mempunyai cukup energi untuk mencapai mata. Akibatnya kita melihat ventilasi dengan warna hitam.
Advertisemen